PENDAHULUAN
Dalam suatu pembelajaran pastinya ada harus dilakukan evaluasi belajar disetiap materi yang diajarkan. Biasanya hal ini disebut dengan "Ulangan Harian" dimana setiap siswa wajib melaksanakan ulangan harian tersebut.
Tidak terkecuali dengan saya sebagai seorang, selain wajib menyelenggarakan pembelajaran juga wajib menyelenggarakan evaluasi belajar per materi yang diajarkan dan wajib mempublikasikan kepada murid - mudrid sebagai bentuk laporan.
Dimulai dari ini dan nantinya diharapkan berkelanjutan, akan saya lakukan sebagai publisitas dengan harapan memicu semangat anak didik untuk terus belajar dengan baik dan meningkatkan prestasinya dan harapan lainnya adalah supaya tenaga pengajar lainnya melakukan hal yang sama walau hanya ruang lingkup sekolah saja.
EVALUASI BELAJAR
Yang menjadi bahan evaluasi kemaren adalah tentang pengetahuan dasar Internet dan Istilah - istilah dasar lainnya yang berhubungan dengan internet dengan memberikan pertanyaan pertanyaan mengenai :
- Perbedaan downstream dengan upstream dan download dengan Upload
- Manfaat positif dari pemakaian internet
- Keterkaitan antara E-Commerce dengan E-Bangking
- Menyebutkan kategori domain di Indonesia beserta dengan fungsinya
- Persyaratan - persyaratan yang harus dipenuhi untuk koneksi internet
Pertanyaan bersifat menyebutkan dan menjelaskan juga menguraikan dengan pemahaman mereka masing - masing dan menguraikan dengan pemikiran mereka masing - masing pula, dan kelas yang mengikuti evaluasi tersebut adalah kelas XI untuk program IPA dan IPS.
HASIL EVALUASI
KELAS XI IPA-1
Nilai tertinggi : 100
Nilai Terendah : 70
Rata - Rata : 84
SISWA YANG MENDAPATKAN NILAI TERTINGGI :
Bobby Pistar Sinaga
Dinar Ari Maya
SISWA YANG BELUM IKUT ULANGAN HARIAN :
Abdurrahman
Ade Novitri
Anisa Risdamayanti
Armada Rezki Sanjaya
Dina Amelia
KELAS XI IPA-2
Nilai tertinggi : 100
Nilai Terendah : 80
Rata - Rata : 97
SISWA YANG MENDAPATKAN NILAI TERTINGGI :
Fathur Rahman
Fitria Agustina
Fitriani
Ganis Puspita Sari
Habibie Reyhan Kuswandi
Hasbillah
Khairunnisa
Muhammad Yogi Indra Rukmana
Muhammad Noor Maulana Y.
Novia Yuliani
Nur Amalia
Nur Rizkiah
Nurul Hasanah
Mira Zulianti
Kartika Safira
Noor Irma Rizki
SISWA YANG BELUM IKUT ULANGAN HARIAN :
Hilma Yunida
KELAS XI IPA-3
Nilai tertinggi : 100
Nilai Terendah : 70
Rata - Rata : 85
SISWA YANG MENDAPATKAN NILAI TERTINGGI :
Prasetya Tresna Jakaputra
Rizki Vidya Triachristy
SISWA YANG BELUM IKUT ULANGAN HARIAN :
Sarah Damayanti Nasution
KELAS XI IPS-1
Nilai tertinggi : 80
Nilai Terendah : 50
Rata - Rata : 69
SISWA YANG MENDAPATKAN NILAI TERTINGGI :
Aditya Nugraha Wirakusuma
Aditya Ryan Pratama
Dwi Pratiwi
Gusti Muhammad Faiz Ridlo
Anisa Risdamayanti
SISWA YANG BELUM IKUT ULANGAN HARIAN :
Achamd Barelvi
Amalia Dewi
Amira Amalia
Desty Kartika Santy
Fitra Yudha
KELAS XI IPS-2
Nilai tertinggi : 100
Nilai Terendah : 50
Rata - Rata : 77
SISWA YANG MENDAPATKAN NILAI TERTINGGI :
M. Fajrianoor Amin
SISWA YANG BELUM IKUT ULANGAN HARIAN :
Marina Viona Kawarnidy
KELAS XI IPS-3
Nilai tertinggi : 100
Nilai Terendah : 60
Rata - Rata : 77
SISWA YANG MENDAPATKAN NILAI TERTINGGI :
Muhammad Raoul Jan Amadea
SISWA YANG BELUM IKUT ULANGAN HARIAN :
KELAS XI IPS-4
Nilai tertinggi : 100
Nilai Terendah : 30
Rata - Rata : 59
SISWA YANG MENDAPATKAN NILAI TERTINGGI :
Syahbirim Noor
SISWA YANG BELUM IKUT ULANGAN HARIAN :
Zetta Emerillia Agustina
LAPORAN EVALUASI
Dari hasil kegiatan evaluasi belajar tersebut dapat dibuat rekapitulasi perbandingan per kelas yang dimaksudkan sebagai bahan evaluasi guru bidang studi tersebut tentang kelas mana daya serapnya lebih bagus dan mana yang tidak. Hal ini bukan untuk membandingkan kelas yang bagus dan tidak, tapi hanya sebagai evaluasi tentang apa yang salah terhadap kita sebagai tenaga pengajar dikelas tersebut untuk nantinya dapat diperbaiki dengan metode - metode yang lain.
Rekapitulasi Hasil Evaluasi Belajar
Diagram Perbandingan Melalui Grafik
Diagram Perbandingan Melalui Grafik
PENUTUP
Dari hasil diatas semoga dapat diambil manfaatnya untuk evaluasi cara belajar bagi guru dan siswa. Alhamdulillah
Post a Comment